Program Keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL)

Nautika Perikanan Laut

  1. DESKRIPSI SINGKAT

    Program Keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL) adalah program yang khusus didirikan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka menambah dan memperluas wawasan pengetahuan di bidang ilmu permesinan kapal penangkap ikan dan permesinan yang berkaitan dengan usaha bidang perikanan.

  2. TUJUAN Program Keahlian Teknika Perikanan Laut bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten yaitu dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam teknika kapal penangkap ikan dengan memperhatikan segi ekonomi dan manajemen serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam dunia pekerjaan.
  3. MATA PELAJARAN

    Motor Diesel Kapal Perikanan; Instalasi Tenaga Kapal Penangkap Ikan; Pesawat Bantu Kapal Penangkap Ikan; Listrik Kapal Penangkap Ikan; Mesin Pendingin; Bangunan dan Stabilitas Kapal Penangkap Ikan; Hukum Maritim dan Peraturan Perikanan; Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas; Sistem Pengendalian dan Otomatisasi; Dinas Jaga Mesin Kapal; Perawatan dan Perbaikan; Teknik Penangkapan; Penanganan dan Penyimpanan Hasil Tangkap; Perikanan yang Bertanggung Jawab (CCRF); Kerja Bengkel; Menggambar Teknik; Bahan dan Alat Tangkap; Bahasa Inggris Maritim; Basic Safety Training (BST); Praktek Kerja Lapang (PKL) serta muatan lokal Bahasa Jepang.

  4. SARANA DAN PRASARANA

    Untuk menunjang kegiatan pendidikan, Program Keahlian Teknika Perikanan Laut dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana, yaitu:

    1. Unit Bengkel Latih

      Dilengkapi dengan berbagai mesin las maupun perkakas, baik manual maupun semi otomatis.

    2. Laboratorium Listrik Dilengkapi dengan berbagai peralatan pengukuran listrik serta papan diagram listrik.

    3. Laboratorium Refrigerasi

      Dilengkapi dengan simulator refrigerasi skala kecil maupun menengah.

  5. TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
  6. Program Keahlian Teknika Perikanan Laut didukung oleh sejumlah tenaga pendidik dan kependidikan dengan kualifikasi 5 orang Guru, 3 Orang staf pelaksana bengkel/lab dan 3 orang ABK Mesin serta pelaksana pembantu lainnya. Tenaga pendidik dan kependidikan sudah dibekali dengan berbagai keahlian dan kompetensi sesuai kebutuhan program keahlian yang dibuktikan dengan sertifikat standar Nasional maupun Internasional seperti: Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (ATKAPIN I dan II), Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), Medical Fisrt Aid (MFA), Proficiency Survival Craft & Rescue Boat (PSCRB), Medical Care (MC), TOT IMO Model Course 6.09, TOT IMO Model Course 3.12, Asesor Kompetensi dan lain-lain.
  7. PROSPEK LULUSAN

    Lulusan TPL dilengkapi dengan sertifikat keahlian dan keterampilan pelaut kapal perikanan yang berstandar internasional yaitu Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan tingkat II (ATKAPIN – II) dan Basic Safety Training (BST), serta dilengkapi juga dengan sertifikat kompetensi keahlian “Operator Mesin Kapal Perikanan” sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) yang berada dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Lulusan yang diharapkan adalah mampu mengusai prinsip-prinsip mesin penggerak kapal, instalasi listrik kapal, sistem refrigerasi kapal, pesawat bantu di atas kapal serta peralatan-peralatan lainnya yang mendukung operasional kapal penangkap ikan. Adapun sektor lapangan kerja yang sesuai dengan Teknika Perikanan Laut adalah:

  1. Perwira mesin kapal penangkap ikan di dalam maupun luar negeri.
  2. Teknisi permesinan perikanan di industri budidaya maupun pengolahan
  3. Pegawai teknis di instansi pemerintah
  4. Tenaga ahli pada industri permesinan dan peralatan perikanan
  5. Tenaga ahli pada pengerjaan di galangan kapal
  6. Dan lain sebagainya

Oleh :