Hadapi MEA, Lulusan SUPM N Pariaman Siap Bersaing di Level ASEAN

Menghadapi persaingan kerja dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)/ASEAN Economic Comunity calon lulusan SUPM Negeri Pariaman menjajaki peluang untuk bekerja pada industri kapal penangkap ikan dan budidaya perikanan di negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas Armidianto, A.Pi. "Kita tengah menjalin kerja sama dengan PT. Kharisma Abadi Mandiri untuk dapat menempatkan calon lulusan kita ini (kelas III-red) bekerja pada bidang perikanan di beberapa negara ASEAN, baik itu budidaya perikanan maupun penangkapan ikan" ungkap Armidianto.

135 siswa/i SUPM Negeri Pariaman akan menyelesaikan pendidikannya pada akhir semester ini, yang mana akan memberikan sumbangan tenaga teknis terdidik nantinya untuk pembangunan Indonesia kedepannya. Dengan berbagai kendala ekonomi yang masing-masing calon lulusan hadapi maka alternatif bekerja diluar negeri sebagai upaya penambahan modal menjadi pilihan beberapa calon lulusan. Untuk itu SUPM N Pariaman mencoba memberikan pilihan pekerjaan kepada meraka sekaligus memberikan pemahaman bahwa membangun kelautan dan perikanan di Indonesia adalah cita-cita bersama.

"Diharapkan dengan pengalaman dan sumberdaya yang nantinya mereka peroleh dari bekerja diluar negeri, akan menjadikan mereka wirausahawan perikanan yang tangguh kedepannya" jelas Armidianto. Melalui PT. Kharisma Abadi Mandiri SUPM Negeri Pariaman mendapat 4 (empat) penawaran peluang kerja yang nantinya akan diikuti oleh beberapa siswa pada usaha budidaya perikanan di Malaysia Timur, kapal ikan Brunei Darussalam, kapal ikan di Serawak, Malaysia Timur, dan kapal ikan Korea Selatan.

Oleh : 1